Bisnis

Tips untuk UKM Kuliner agar Punya Bisnis Franchise

Tips untuk UKM Kuliner

Tips untuk UKM – Franchise merupakan bentuk strategi bisnis yang sedang berkembang di Indonesia. Salah satu aspek paling menarik dari bisnis franchise adalah kemampuan untuk memanfaatkan merek yang sudah mapan dan sistem usaha yang telah teruji, tanpa harus memulainya dari awal.

Kontribusi terbesar dalam pertumbuhan industri franchise di Indonesia datang dari sektor kuliner. Bisnis kuliner menawarkan peluang yang sangat menguntungkan karena memiliki pangsa pasar yang besar dan relatif mudah untuk di jalankan.

Para pelaku bisnis dapat memanfaatkan popularitas makanan dan minuman untuk mencapai kesuksesan dalam dunia franchise. Tidak hanya itu, bisnis kuliner juga sering kali dapat dengan cepat mendapatkan pengakuan dan loyalitas pelanggan, menjadikannya salah satu pilihan utama bagi para calon franchise di Indonesia.

Kementrian Perdagangan mencatat, sektor bisnis franschise paling dominan adalah jasa makanan dan minuman, atau mencapai 44,09 persen.

Di sisi lain, sektor lainnya seperti ritel mengambil porsi 14,17 pesen, jasa pendidikan nonformal 11,02 persen, jasa kecantikan/kesehatan 11,02 pesen dan jasa binatu 7,09 persen.

Salah satu bisnis yang membuka peluang franchise adalah Dimsum Yang. Bisnis dimsum ini merupakan salah satu bisnis kuliner yang menjadi pelopor dimsum prasmanan di Indonesia.

Sejak berdiri pada tahun 2021, Dimsum Yang telah memiliki 46 franchise di berbagai wilayah di Indonesia dan telah memproduksi 15.000 pcs dimsum setiap harinya.

Dim sum Yang melihat bisnis franchise sebagai peluang bisnis yang berpotensi untuk mendukung perkembangan bisnis dan juga membuka lapangan pekerjaan baru di Indonesia.

Pemilik bisnis Dim sum Yang Ujang membagikan tips bagaimana cara mengembangkan bisnis sampai akhirnya dapat mengembangkan bisnis sampai akhirnya dapat mengembangkan franchise.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat franchise untuk UKM yang bergerak di bisnis kuliner agar mampu bersaing dengan kompetitor lain.

Baca Juga : https://buguru.id/mengenal-ux-design-dalam-ponsel-prinsip-dan-contohnya/

1. Pastikan Merek yang Kamu Miliki Telah Memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP)

Setiap franchise harus memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) agar model bisnisnya dapat di jalankan secara efisien dan bisa mendapatkanhasil yang memuaskan.

2. Memiliki Ciri Khas Produk

Dengan memiliki ciri khas yang unik, merek bisnis tersebut dapat lebih mudah di kenali oleh masyarakat. Selain itu, sifat – sifat khas merek tersebut juga memengaruhi kualitas produk yang di hasilkan serta apakah produk tersebut cocok untuk di konsumsi atau tidak.

3. Menjaga Kualitas Produk dengan Cita Rasa yang Sama

Dalam mengembangkan bisnis di sektor kuliner, menjaga dan konsisten dalam menciptakan rasa makanan menjadi aspek yang sangat krusial. Karena rasa makanan di anggap sebagai faktor kunci dalam kesuksesan bisnis kuliner.

Hal ini menjadi semakin penting untuk mempertahankan pelanggan agar mereka tidak beralih ke tempat lain.

4. Membuat tim Manajemen untuk Mendukung Mitra

Membuat tim manajemen sangat penting untuk memberikan bantuan manajemen kepada para mitra, seperti menyediakan pasokan bahan baku, melakukan pemasaran online, menyediakan foto produk dan lainnya.

5. Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat

Strategi pemasaran yang tepat membantu untuk dapat mengidentifikasim menjangkau, dan memuaskan pelanggan dengan lebih baik. Yang pada gilirannya berkontribusi pada pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Salah satu contoh dari strategi pemasaran yang dapat di gunakan yaitu dengan memanfaatkan platform digital, melakukan live selling, sampai dengan melakukan endorsement.

Demikianlah beberapa tips membuat franchise untuk UKM yang bergerak di bisnis kuliner agar mampu bersaing dengan kompetitor lain.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *